Bahasa Pemograman

Waahhh sudah lama sekali saya tidak posting. Mungkin karena kesibukan saya makanya saya jarang bermain-main di dunia maya. Hahhaa emang sok sibuk sekali saya ini. Sebenarnya masih belum ada inspirasi yang bisa dipublikasikan. Hehhee ^-^


Kali ini saya akan memposting apa yang saya dapat dan apa yang saya cari, selama apa yang diajarkan pada saya, yaitu BAHASA PEMOGRAMAN. Yaahh meskipun saat ini saya masih memperdalam Bahasa C, PHP, BASIC, JAVA, PASCAL, dan Bahasa Markup saja. Kalau yang lainnya yaahh tunggu giliran. Ini sih masih dasarnya saja. Hehhhehe :D


Saya semakin lama semakin suka walaupun semakin rumit dan semakin sulit untuk dipahami. Meskipun begitu saya selalu saja menganggap Bahasa Pemograman itu sangatlah sangat sangat KEREN bagi saya. Hahhaha ;D


Sebuah bahasa pemrograman sebenarnya tidaklah sulit jika kita suka. Yahh meskipun jika emang ada yang lagi eror - erornya mungkin saja kita selalu menganggapnya sulit.


Sebuah bahasa pemrograman adalah bahasa buatan yang dirancang untuk mengekspresikan perhitungan yang dapat dilakukan oleh mesin, khususnya komputer. Bahasa pemrograman dapat digunakan untuk membuat program yang mengontrol perilaku mesin, untuk mengekspresikan algoritma tepat, atau sebagai cara komunikasi manusia.


Banyak bahasa pemrograman memiliki beberapa bentuk spesifikasi tertulis dari sintaks (bentuk) mereka  dan semantik (makna). Beberapa bahasa ditentukan oleh dokumen spesifikasi. Sebagai contoh, bahasa pemrograman C ditetapkan oleh Standar ISO. bahasa lain, seperti Perl, memiliki implementasi dominan yang digunakan sebagai referensi.


Bahasa pemrograman yang paling awal mendahului penemuan komputer, dan digunakan untuk mengarahkan perilaku mesin seperti Jacquard tenun dan pemain piano. Ribuan bahasa pemrograman yang berbeda telah dibuat, terutama di bidang komputer, dengan lebih banyak lagi yang diciptakan setiap tahun. Kebanyakan bahasa pemrograman menjelaskan perhitungan dengan gaya imperatif, yaitu, sebagai urutan perintah, meskipun beberapa bahasa, seperti yang yang mendukung pemrograman fungsional atau logika pemrograman, penggunaan bentuk-bentuk alternatif deskripsi.


Sebuah bahasa pemrograman merupakan notasi untuk program menulis, yang merupakan spesifikasi dari suatu perhitungan atau algoritma. Beberapa, tetapi tidak semua, penulis membatasi "bahasa pemrograman" untuk bahasa-bahasa yang dapat mengekspresikan semua algoritma mungkin.


Bahasa istilah komputer kadang-kadang digunakan secara bergantian dengan bahasa pemrograman. Namun, penggunaan kedua istilah bervariasi antara penulis, termasuk ruang lingkup yang tepat dari masing-masing. Salah satu penggunaan bahasa pemrograman menjelaskan sebagai bagian dari bahasa komputer. Dalam hal ini, bahasa yang digunakan di komputer yang memiliki tujuan yang berbeda dari program komputer yang umum ditunjuk mengekspresikan bahasa komputer. Sebagai contoh, bahasa markup kadang-kadang disebut sebagai bahasa komputer untuk menekankan bahwa mereka tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk pemrograman. Penggunaan bahasa pemrograman lain menganggap sebagai teoritis konstruksi untuk pemrograman mesin abstrak, dan bahasa komputer sebagai himpunan bagian daripadanya yang berjalan pada komputer fisik, yang memiliki sumber daya perangkat keras terbatas. John C. Reynolds menekankan bahwa bahasa spesifikasi formal hanya sebagai bahasa pemrograman sebanyak adalah bahasa dimaksudkan untuk eksekusi. Dia juga berpendapat bahwa format masukan tekstual dan bahkan grafis yang mempengaruhi perilaku dari sebuah komputer adalah bahasa pemrograman, meskipun mereka sering tidak Turing-lengkap, dan menyatakan bahwa ketidaktahuan konsep bahasa pemrograman adalah alasan bagi beberapa kekurangan dalam format masukan.


Semua bahasa pemrograman memiliki beberapa blok bangunan primitif untuk deskripsi data dan proses atau transformasi diterapkan kepada mereka (seperti penambahan dua angka atau pemilihan item dari koleksi). Primitif ini ditentukan oleh aturan sintaktis dan semantik yang menggambarkan struktur dan makna masing-masing.

SINTAKS 
Sintaks sering digunakan untuk membantu programmer dalam mengenali unsur-unsur dari kode sumber. Bentuk permukaan Sebuah bahasa pemrograman adalah dikenal sebagai sintaks. Kebanyakan bahasa pemrograman murni tekstual, mereka menggunakan rangkaian teks yang menyertakan kata-kata, angka, dan tanda baca, seperti bahasa alami tertulis. Di sisi lain, ada beberapa bahasa pemrograman yang lebih grafis di alam, menggunakan hubungan visual antara simbol-simbol untuk menentukan program.


Sintaks dari bahasa menggambarkan kemungkinan kombinasi dari simbol-simbol yang membentuk program sintaktis yang benar. Makna yang diberikan kepada kombinasi dari simbol ditangani oleh semantik (baik formal atau hard-dikodekan dalam implementasi referensi). Karena sebagian besar bahasa tekstual, artikel ini membahas sintaks tekstual.

Sintaks bahasa pemrograman biasanya didefinisikan menggunakan kombinasi ekspresi reguler (untuk struktur leksikal) dan Formulir Backus-Naur (untuk struktur gramatikal).

SEMANTIK Statis
Semantik statis mendefinisikan pembatasan pada struktur teks yang valid yang sulit atau tidak mungkin untuk mengekspresikan dalam formalisms sintaksis standar. Untuk bahasa dikompilasi,. Semantik statis pada dasarnya meliputi aturan-aturan semantik yang dapat diperiksa pada waktu kompilasi. Contohnya termasuk memeriksa bahwa setiap identifier yang dinyatakan sebelum digunakan (dalam bahasa yang membutuhkan deklarasi tersebut) atau bahwa label pada lengan pernyataan kasus yang berbeda.  Pembatasan penting Banyak dari jenis ini, seperti memeriksa bahwa pengenal digunakan dalam konteks yang sesuai (misalnya tidak menambahkan integer untuk nama fungsi), atau bahwa panggilan subrutin memiliki nomor yang sesuai dan jenis argumen dapat ditegakkan dengan mendefinisikan mereka sebagai aturan dalam logika yang disebut sistem tipe. Bentuk lain dari analisis statik seperti analisis aliran data juga dapat menjadi bagian dari semantik statis. bahasa pemrograman baru seperti Java dan C # memiliki analisis tugas tertentu, suatu bentuk analisis aliran data, sebagai bagian dari semantik statis mereka.
 
Dari beragam konteks di mana bahasa digunakan :
  • Program mulai dari script kecil yang ditulis oleh penggemar individu untuk sistem besar yang ditulis oleh ratusan programmer.
  • Pemrogram rentang keahlian dari pemula yang membutuhkan kesederhanaan di atas segalanya, para pakar yang mungkin nyaman dengan kompleksitas yang cukup.
  • Program harus menyeimbangkan kecepatan, ukuran, dan kesederhanaan pada sistem mulai dari mikrokontroler ke superkomputer.
  • Program dapat ditulis sekali dan tidak berubah selama beberapa generasi, atau mereka mungkin mengalami modifikasi terus menerus.
  • Akhirnya, programmer hanya mungkin berbeda dalam selera mereka: mereka mungkin terbiasa untuk membahas masalah dan menyatakan mereka dalam bahasa tertentu.

Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Daftar Bahasa Pemrograman

·        ABC
·        Ada
·        ALGOL
·        Applescript
·        Assembly
·        BASIC
o       ASP
o       BASIC
o       COMAL
o       Visual Basic
o       Visual Basic for Applications
o       VBScript
·        Batch (MS-DOS)
·        COBOL
·        UNIX shell script:
o       Bourne shell (sh) script
o       Bourne-Again shell (bash) script
o       Korn shell (ksh) script
o       C shell (csh) script
·        C:
o       C++
o       C#
o       Visual C++
·        ColdFusion
·        dBase dkk.:
o       Clipper
o       Foxbase
o       Visual FoxPro
·        Eiffel
·        Fortran
·        Go
·        Haskell
·        Java
o       JavaScript
o       JSP
·        Lisp
·        Logo
·        Pascal
o       Delphi
·        Perl
·        Prolog
·        Python
·        PHP
·        Pike
·        R
·        REXX
·        REBOL
·        RPG
·        Ruby
·        Simula
·        Smalltalk
·        Scheme
·        SQL






Referensi : wikipedia.org

Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

2 Response to "Bahasa Pemograman"

  1. AKHMAD FAISAL says:
    12 Januari 2011 pukul 12.40

    bagus blok km ya..........boleh baca-baca kan.........

  2. Unknown says:
    8 Februari 2011 pukul 19.26

    heheheh eaa,, selamat menikmati perjalanan anda @My HomeBlog -^

Posting Komentar